Cerita di Balik Lagu Malahayati oleh Iwan Fals

Iwan Fals

Dari tanahmu hei Aceh / Lahir perempuan perkasa / Bukan hanya untuk dikenang / Tapi dia panglima laksamana jaya

Demikian penggalan lagu Malahayati yang dilantunkan penyanyi Iwan Fals. Lagu ini terdapat dalam album ‘Keseimbangan’ yang dirilis pada 2010. Tapi Iwan menyanyikan lagu ini pertama kali dalam konser ‘Hikayat Rindu Tiga Maestro’ di Stadion Harapan Bangsa, Long Raya, Banda Aceh, 21 April 2007. Kala itu dia tampil bersama musisi Sawung Jabo dan penyair WS Rendra.

Lirik lagu ‘Malahayati’ dibuat oleh Endang ‘Genta Keumala’Moerdopo, yang juga menerbitkan buku bertajuk ‘Perempuan Keumala’ pada 2008. “Itu lagu pertama dan mungkin terakhir yang aku tulis secara kilat buat Mas Iwan (Fals),” kata Endang saat berbincang, melalui layanan messenger Facebook.

Alkisah, saat Iwan akan menggelar konser di Aceh kala itu, dia ingin menyanyikan lagu-lagu tentang Aceh. Tapi sejumlah lagu yang dipilih dipastikan merupakan lagu-lagu yang sudah banyak dihafal masyarakat Aceh sehingga tak akan memberikan banyak kejutan. “Kalau begitu lu cariin deh atau bikinin lagunya,” ujar Iwan kepada Endang dan Morenk Beladro, seniman Aceh yang memprakarsai konser tersebut.

Baca juga: Malahayati, Laksamana Para Janda Didikan Perwira Turki

Karena bukan seniman, Endang, yang tengah menulis novel tentang Malahayati, mengusulkan agar Iwan menulis tentang Malahayati. “Wah, gue nggak punya ide. Nggak punya banyak informasi soal itu,” Iwan menukas.

Akhirnya Endang, yang sudah membaca banyak referensi tentang Malahayati dalam upaya penulisan novelnya, mencoba menyusun lagu beberapa hari sebelum konser digelar. Kala itu, dia bekerja di Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi Aceh.

“Begitu bangun tidur, tiba-tiba saja muncul energi untuk menulis lalu. Hasilnya aku serahkan ke Bang Morenk,” ujar Endang.

Oleh Morenk, coretan lagu itu kemudian diteruskan ke Iwan dan dibuatkan aransemen lagunya. Sore harinya, Endang kembali menerima lagu yang sudah diaransemen Iwan via Morenk. “Sungguh luar biasa, tersanjung banget, ha-ha-ha…. Itu pertama menulis lagu dan langsung dibawakan oleh Mas Iwan saat konser,” tutur Endang.

Kebanggaannya tak berhenti di situ. Beberapa waktu kemudian, Iwan Fals kembali menghubunginya dan mengabarkan kalau lagu Malahayati masuk dapur rekaman dan akan dirilis dalam album terbarunya, ‘Keseimbangan’.

“Tapi aku lebih suka yang dinyanyikan saat konser sih, lebih berenergi rasanya. Kalau yang versi dapur rekaman agak landai iramanya,” kata Endang.

Baca juga :

Iwan Fals Akui Sulit Ajak Anak Tampil di Konsernya

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s